Potensi Pemanfaatan Artificial Intelligence di Tengah Pandemi

Di masa pandemi seperti ini, pemanfaatan teknologi semakin digencarkan yang membuat kita sadar akan pentingnya teknologi dalam kehidupan manusia. Meidy Fitranto, CEO dan Co-Founder dari Nodeflux, sebuah startup bidang AI asli Indonesia memaparkan potensi pemanfaatan teknologi AI khususnya di tengah pandemi seperti ini.

Teknologi AI yang mereplikasi kecerdasan kognitif manusia ini memiliki tujuan utama untuk membantu berbagai pekerjaan manusia dalam masalah-masalah seperti ketahanan dan jarak pandang. Dengan teknologi AI ini dapat memperluas jangkauan waktu dan ruang guna membantu manusia dalam suatu konteks sistem.
Permintaan pasar akan teknologi AI juga diprediksi akan terus meningkat. Mengingat banyak aspek kehidupan manusia yang juga melibatkan teknologi, tak terkecuali AI, seperti aspek hiburan pada netflix, instagram dan sampai ekonomi seperti e-commere membuatnya semakin jelas.

Di masa sekarang di mana Indonesia sedang menerapkan new normal, orang-orang harus tetap beraktivitas sesuai dengan protokol kesehatan berdampingan dengan ancaman virus covid-19. Dalam fase ini, ternyata teknologi Ai juga berperan penting yaitu dalam upaya pengawasan praktik disiplin yang lebih efektif dan efisien.
Relevansi dan keaneka ragaman data juga dapat berpengaruh terhadap kinerja teknologi. “Nah, itu dia salah satu hal yang masih perlu diimprovisasi oleh negara kita” ucapnya.

Sumber:
Idntimes.com